BREAKING NEWS
www.karangmojo.net

Nama Nama Nabi dan Rasul beserta Sepenggal Kisahnya

Sebagai orang islam, penting kiranya mengetahui nama nama nabi dan rasul beserta kisah-kisahnya. Berikut ini adalah nama nama nabi dan rasul sepenggal kisahnya.
  1. Adam AS

    Nabi Adam diciptakan Allah dari tanah. Ketika Ia diciptakan, Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk memberikan sujud penghormatan. Namun iblis membangkang karena merasa dirinya lebih agung sebab diciptakan dari api, yang menurutnya lebih mulia dari adam yang diciptakan dari tanah. Karena itu iblis diusir dari surga oleh Allah.

    Kemudian diciptakanlah Hawa untuk menemani Adam. Namun karena digoda oleh iblis yang licik, Adam dan Hawa pun melanggar larangan Allah sehingga mereka diturunkan ke bumi.
  2. Nabi Idris AS

    Seperti semua manusia di muka bumi ini, Nabi idris pun merupakan keturunan Nabi Adam. Belum banyak diketahui kisah-kisah Nabi Idris. Meski demikian nasehat-nasehatnya akan kebajikan telah lama dikenal dan dianut banyak orang.
  3. Nabi Nuh AS

    Nabi Nuh AS diturunkan pada masa dimana umat manusia sebagaian besar melakukan kemungkaran. Mereka berbuat syirik dengan menyembah patung hasil buatan mereka sendiri. Dengan penuh kesabaran Nabi Nuh mengajak kaumnya untuk menyembah hanya pada Allah.

    Namun meski telah berdakwah salama sembilan ratus lima puluh tahun, pengikutnya masih sangat sedikit. Tak hanya menolak ajaran Nabi Nuh, kaumnya pun mengejek dan mengolok-oloknya. Ahirnya Nabi Nuh memohon pada Allah agar menurunkan adzab pada kaumnya tersebut agar kelak tidak menyesatkan kaum yang telah beriman.

    Allah pun mengabulkan doanya. Ahirnya Ia dan pengikutnya membuat kapal, meski mereka diejek oleh kaum pembangkang, mereka tatap sabar dan terus membuat perahu hingga akhirnya perahu tersebut selesai dibuat.

    Kemudian turun firman Allah yang memerintahkan pada Nabi Nuh agar bersiap untuk memasukkan ke dalam kapal para pengikut, kerabat, dan satu pasang makhluk di atas bumi jika tanda dari Allah datang. Maka tatkala bencana banjir itu datang, Nabi Nuh dan pengikutnya yang beriman selamat dari adzab tersebut karena telah berada di dalam kapal.
  4. Nabi Hud AS
  5. Nabi Shaleh AS
  6. Nabi Ibrahim AS

    Nabi Ibrahim lahir di dalam kerajaan Babylon pada masa pemerintahan raja Namrud. Raja yang memimpin kerajaan besar namun rohaninya kosong, masyarakatnya menyembah patung yang mereka pahat  sendiri. Kerajaan itu sunggu kacau, diperparah lagi dengan  kecongkaan Namrud yang merasa pantas untuk disembah karena merasa paling berkuasa di negerinya yang luas.

    Nabi Ibrahim terlahir dari ayahnya yang seorang pemahat patung. Allah telah menganugerahinya dengan iman sedari kecil, sehingga ia merasa apa yang diperbuat ayahnya dan para penyembah patung itu adalah hal yang tidak benar.

    Dengan seijin Allah ia pun berjuang untuk memerangi ajaran sesat kaumnya. Dakwah itupun dilakukan terlebih dahulu pada ayahnya karena ia merasa perlu menyadarkan ayahnya sebelum berdakwah pada orang lain.Meski Nabi Ibrahim telah berdakwah dengan halus, ayahnya tetap marah karena dianggap menghina ajaran yang telah ada. Bahkan ia diusir dari rumahnya.

    Walaupun tak berhasil pada ayahnya, ia tetap berdakwah pada kaumnya. Ia selalu memanfaatkan kesempatan untuk berdakwah. Sayangnya, seperti halnya yang terjadi pada dakwah oleh Nabi-Nabi sebelumnya, kaumnya pun menolak ajaran untuk kembali ke jalan Allah.

    Hingga akhirnya datang hari di mana kaumnya merayakan hari suci mereka dengan pergi meninggalkan kota. Suasana sepi dan kosong kota tersebut dimanfaatkan Nabi Ibrahim untuk menghancurkan berhala.

    Kisah Nabi Ibrahim belum selesai sampai di sini. Masih ada kisah dimana ia dibakar hidup-hidup namun diselamatkan oleh Allah. Karena tulisan ini berfokus pada nama nama nabi dan rasul, maka kisah lengkapnya insya Allah akan kami tuliskan pada kesempatan lain.
  7. Nabi Ismail AS
  8. Nabi Luth AS
  9. Nabi Ishaq AS
  10. Nabi Ya'qub AS
  11. Nabi Yusuf AS

    Dalam bahasan nama nama nabi dan rasul, kisah Nabi Yusuf tak kalah menarik. Digambarkan bahwa ia begitu tampan sehingga membuat setiap wanita jatuh hati padanya. Ketampanannya itu membuatnya terus digoda oleh Zulaikha yang merupakan majikannya. Namun karena Allah telah membekalinya dengan iman yang kuat, ia pun tidak tergoda pada Zulaikha.

    Karena begitu sulit digoda, Zulaikha pun akhirnya membuat jebakan untuk bisa mendapatkan Yusuf. Karena tak berhasil dan Yusuf justru hendak lari dari kamar, maka serta merta Zulaikha menarik bajunya. Celakanya ketika sedang tarik menarik, datanglah suami Zulaikha.

    Zulaikha pun tak ingin dihukum suaminya, maka ia memfitnah Yusuf dengan berkata bahwa Yusuflah yang telah menggodanya.
  12. Nabi Syu'aib AS
  13. Nabi Ayyub AS
  14. Nabi Dzulkifli AS
  15. Nabi Musa AS
  16. Nabi Harun AS
  17. Nabi Daud AS
  18. Nabi sulaiman AS
  19. Nabi Ilyas AS
  20. Nabi Ilyasa AS
  21. Nabi Yunus AS
  22. Nabi Zakaria AS
  23. Nabi Yahya AS
  24. Nabi Isa AS
  25. Nabi Muhammad SAW
Demikianlah nama nama nabi dan rasul Allah SWT dan sepenggal kisahnya. Semoga bisa bermanfaat.

Oleh: AnneAhira.com
 
Copyright © 2009 FKRM NGAWIS